Sungguh berbahagia orang yang termasuk ke dalam kelompok orang yang didoakan oleh para malaikat. Mengapa tidak?

Didoakan oleh saudara kita yang shalih sudah sangat bahagia, karena berharap doanya akan dikabulkan. Maka bagaimana jika yang mendoakan kita adalah malaikat, hamba Allah yang selalu taat dan tidak pernah bermaksiat dan selalu menjalankan apa yang diperintahkan Allah. Siapakah mereka dan apakah gerangan yang mereka perbuat?

1.Tidur Dalam Keadaan Suci
Sebuah hadits menyebutkan, Nabi bersabda, “Barangsiapa tidur dalam keadaan suci, maka ikut bermalam juga malaikat di selimutnya, tidaklah dia bangun dari tidur kecuali malaikat itu mengucapkan, “Ya Allah ampunilah hamba-Mu si Fulan karena ia telah bermalam dalam keadaan suci.” (HR. ath-Thabrani)

2. Menunggu Shalat
Nabi bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian menunggu shalat pada salah satu shalat, sedangkan dia tidak berhadats (batal), maka malaikat akan berdoa, “Ya Allah ampunilah dia ya Allah rahmatilah dia.” (HR. Muslim)

3. Shalat di Shaf Terdepan
Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk shaf yang pertama.”(Shahih Ibnu Hibban)

4. Shalat di Shaf-Shaf Depan
Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bershalawat untuk shaf yang pertama. Para shahabat bertanya, “Wahai Rasulullah apakah juga shaf yang ke dua? Beliau menjawab, “Dan kepada shaf yang ke dua.” (HR. Ahmad, )

5. Berdiri di Shaf bagian kanan
Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan malaikatNya berdoa untuk bagian kanan shaf-shaf shalat.” (Shahih Ibnu Hibban)

6. Menyambung Shaf
Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan kepada orang-orang yang menyambung shaf.” (Shahih at-Targhib wa at-Tarhib)

7. Mengucapkan Amiin dalam Shalat
Nabi bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian mengucapkan “amin” dan bersamaan dengan itu malaikat yang di langit juga mengucapkannya sehingga bertepatan bacaan yang satu dengan yang lainnya maka Allah akan mengampuni dosa orang tersebut yang telah lalu.” (Muttafaq ‘alaih)

8. Shalat Shubuh dan Ashar Berjama’ah
Nabi bersabda,“Barangsiapa yang shalat Shubuh kemudian ia duduk di tempat dia shalat, maka malaikat akan mendoakannya, doa mereka adalah, “Ya Allah ampunilah dia ya Allah rahmatilah dia. Dan barangsiapa yang menunggu shalat (didirikan) maka malaikat berdoa untuknya, dan doa mereka yaitu, “Ya Allah ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia.”(HR.Ahmad, dihasankan oleh Ahmad Syakir).
Nabi bersabda, “Malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada waktu shalat Shubuh dan shalat Ashar. Mereka berkumpul di saat Shalat Shubuh, maka malaikat malam naik ke langit dan tinggallah malaikat siang. Dan mereka berkumpul pada waktu Ashar, maka naiklah malaikat siang dan tinggallah malaikat malam. Allah bertanya kepada para malaikat tersebut, “Bagaimana keadaan hamba-Ku ketika kalian tinggalkan? Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, maka ampunilah mereka nanti pada Hari Kiamat.” (Shahihul Musnad dan Shahih Ibnu Khuzaimah)

9. Bershalawat Untuk Nabi
Dari Abdullah bin Amr beliau berkata, “Barangsiapa yang bershalawat untuk Rasulullah satu kali maka Allah dan malaikat-Nya akan bershalawat untuknya tujuh puluh shalawat, maka hendaklah seorang hamba mengucapkan itu atau memperbanyaknya.” (HR. Ahmad dihasankah oleh al-Mundziri dan Ahmad Syakir)

10. Mendoakan Seorang Muslim Tanpa Sepengetahuannya
Nabi bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah mustajabah (dikabulkan). Di atas kepalanya ada malaikat penjaga, setiap kali dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan maka malaikat penjaga tadi berkata, “Amin dan untukmu yang semisal itu juga.” (HR. Muslim)

11. Berinfak untuk Kebaikan
Nabi bersabda, “Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi hari, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu dari mereka berkata, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfak.” Dan yang lain berkata, “Ya Allah berikan kebinasaan bagi yang menahan hartanya (bakhil).” (Muttafaq ‘alaih)

12. Makan Sahur
Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk orang-orang yang makan sahur.” (Shahih at-Targhib wa at-Tarhib)

13. Orang Berpuasa Bila Ada Orang Lain Makan
Nabi bersabda, “Sesungguhnya para malaikat mendoakan orang yang berpuasa ketika orang lain (yang tidak berpuasa) makan di sisinya hingga mereka selesai.” (HR. at-Tirmidzi)

14. Menjenguk Orang Sakit
Nabi bersabda, “Siapa yang menjenguk orang sakit di waktu pagi maka ia disertai tujuh puluh ribu malaikat, semuanya memintakan ampun untuknya hingga sore hari, dan ia akan mendapatkan di dalam surga. Dan siapa yang menjenguknya di waktu sore maka dia (juga) disertai oleh tujuh puluh ribu malaikat semuanya memintakan ampunan untuknya hingga waktu pagi, dan dia menikmati buah di surga.” (HR. Ahmad)

15. Mengajarkan Kebaikan
Nabi bersabda, “Allah, para malaikat-Nya, para penghuni langit dan bumi, hingga semut di dalam liang dan ikan, sungguh mereka semua mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. at-Tirmidzi dishahihkan oleh al-Albani) (Kholif Mutaqin)

Advertisements